Memilih Parfum Wangi Tahan Lama



Kita tentunya ingin donk memakai parfum yang harumnya awet atau wanginya tahan lama. Tapi jenis parfum apa yang harumnya awet? Ternyata keawetan atau ketahanan suatu parfum sangatlah di tentukan oleh kadar konsentratnya. Pada botol parfum sering kita lihat label bertuliskan 'perfume', 'eau de parfum', 'eau de toilette' atau 'body splash'. Nah, label-label tersebut berhubungan dengan kadar konsentrat parfum. Semakin tinggi tingkat konsentratnya, maka semakin lama pula wewangian tersebut bertahan. Berikut ini adalah urutan level atau kualitas konsentrat dalam parfum :

1. PERFUME
  • Jenis atau kualitas 'PERFUME' adalah jenis yang paling bagus dan mahal diantara semua produk wewangian lain. Jenis wewangian yang paling awet aromanya, dan bahkan menjadi bibit bagi wewangian lain, yang mengandung 15 sampai 40% konsentrat. Anda tidak perlu terlalu banyak menggunakan parfum jenis 'perfume' karena jenis wewangian tersebut wanginya sudah bisa tercium dari jarak yang cukup jauh dan awet sekitar 6 - 8 jam. 
2. EAU DE PARFUM (EDP)
  • Jenis parfum yang berlabel 'eau de parfum', mengandung 7 sampai 15% konsentrat, sehingga dapat bertahan cukup lama, sampai setengah hari, dengan harga yang masih dibawah perfume. 
 3. EAU DE TOILETTE(EDT)
  • Kadar konsentratnya sekitar 1 sampai 6%. Beraroma lebih ringan dan bertahan sekitar 2 - 4 jam. Tapi, harganya lebih terjangkau bila dibandingkan 'perfume' atau pun 'eau de parfum' sehingga sangat cocok untuk digunakan saat momen-momen santai. 
4. EAU DE COLOGNE
  • Versi modern dari 'eau de cologne' ini, kini dikenal dengan 'eau fraiche'. Eau De Cologne cocok digunakan di bagian tubuh, untuk menyegarkan dan memberikan aroma harum setelah mandi. 
 5. BODY SPLASH
  • Body Splash memiliki kadar konsentrat terendah di antara parfum lainnya. Wanginya tidak bertahan lama dan cepat menguap, karena kadar alkoholnya yang tinggi. 
Dengan mengetahui jenis jenis kualitas parfum di atas, maka tentu saja akan mempermudah Anda dalam memilih parfum sesuai levelnya.